Pernahkah Anda mengalami masa kecil yang polos, nakal, dan suka bermain-main di pinggiran sungai. Bila pernah, kami yakin pasti saat itu, anda tak merasa takut akan dalamnya sungai dan derasnya arus. Seiring bertambahnya rasa takut, ketika kita lewat di depan sebuah sungai, kita selalu penasaran sedalam apa sungai tersebut. Mungkin ada beberapa sungai yang tidak mengkhawatirkan kita. Namun, jangan coba-coba bermain-main dengan kelima sungai berikut. Karena mereka begitu dalam. Sungai apa sajakah itu?

1. Sungai Mississippi ~ 61 meter (200 kaki)
 
Sungai Mississippi adalah kekuatan geologis terbesar di Amerika Utara. Sungai ini berkepanjangan 2.300 mil (3.700 km) dan mengalir dengan kecepatan rata-rata 3 mil per jam ketika melewati New Orleans. Sungai ini menerima air dari 31 negara bagian dan dua provinsi Kanada, dan menghantar rata-rata 436 ribu ton endapan setiap hari di sepanjang tahun. Sungai ini memiliki kedalaman maksimal kira-kira 200 kaki. Apa yang kita sebut sebetulnya adalah Sungai Mississippi Bawah, dimulai di Cairo, Illinois, ketika Sungai Ohio bertemu dengan Sungai Mississippi Atas yang lebih kecil dan jinak.

2. Sungai Saint Lawrence ~ 65 meter (213 kaki)
 
Berasal di ujung timur laut Danau Ontario, Sungai St. Lawrence River mengalir sepanjang 700 mil (1.125 km) ke Samudera Atlantis. Dengan lebar rata-rata dua mil dan kedalaman maksimal sekitar 200 kaki, saluran alam satu-satunya untuk Sistem Danau-danau Besar ini adalah sungai timur-barat di Amerika Utara.

3. Sungai Hudson ~ 66 meter (216 kaki)
 
Sungai Hudson dimulai di Danau Tear of the Clouds di pinggiran barat daya Gunung Marcy, puncak tertinggi New York. Sungai Hudson memiliki panjang 315 mil (507 km). Titik terdalamnya adalah hampir mendekati Ujung Dunia dekat Titik Barat yang berkedalaman 216 kaki. Titik terlebarnya adalah Haverstraw dimana lebarnya adalah tiga setengah mil.

4. The Yellow River ~ 80 kaki (262 kaki)
 
Yellow River atau Huang He, yang asalnya dikenal sebagai Hwang Ho, adalah sungai terpanjang kedua di Cina (setelah Yangtze) dan terpanjang keenam di dunia dengan kepanjangan kira-kira 5.464 kilometer (3.395 mil). Sungai ini terkenal atas gunung endapan besar yang dihantarkannya—1,6 miliar ton pertahun pada titik dimana sungai ini menurun dari Dataran Tinggi Loess. Jika sungai ini mengalir ke laut dengan volum yang cukup, 1,4 miliar ton dihantar ke laut tersebut setiap tahun.

5. Sungai Amazon ~ 91 meter (300 kaki)
 
Amazon di Amerika Selatan adalah sungai terpanjang kedua di dunia dan sejauh ini memiliki aliran air tercepat dengan rata-rata pelepasan yang lebih besar dari ketujuh sungai besar lainnya. Amazon, yang memiliki cekungan saluran terbesar di dunia, sekitar7.050.000 km persegi (2.720.000 mil persegi), menyumbang kira-kira seperlima total arus sungai dunia.

0 comments:

Post a Comment

Random